Last Update : 29 November 2009. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai 5 Link Wajib, silahkan baca pada tulisan INI. Dan jangan lupa Follow Blog ini. Terima Kasih

Selasa, 20 Oktober 2009

Panduan Tata Letak di Blogger

Nah, kali ini saya akan membahas tentang panduan Tata Letak pada blogspot ini. Bagian ini, menurut saya, merupakan bagian yang paling seru banget. Soalnya pada bagian inilah kita melakukan desain visual terhadap blog kita. Mengapa visual blog itu penting ? karena, tanpa visual yang bagus, orang juga jadi males kan bacanya....hehe...

Ok, tanpa basa - basi, kita mulai !

Pada gambar di atas, ada beberapa fungsi di bawah Tata Letak, yaitu Elemen Laman, Font dan Warna, Edit HTML dan Pilih Template Baru. Yuk, kita bahas satu - satu.

  1. Elemen Laman
Pada bagian ini, terdapat gari besar gambaran dari blog kita serta widget - widget yang ada. Lihat gambar di bawah ini :
Yang paling penting adalah tombol "Tambah Gadget". Tombol ini digunakan untuk memasukkan Gadget ( widget kalau bahasa wordpress-nya ) tertentu yang memiliki fungsi yang berbeda. Silahkan kalian klik tulisan "Tambah Gadget ". Maka akan tampil seperti ini :
Kamu bisa menggunakan SearchBox yang ada untuk mencari gadget2 tertentu. Gadget yang paling sering digunakan adalah gadget "HTML/JavaScript" untuk memasukkan kode - kode dari suatu aplikasi ( misalnya yahoo Pingbox yang ada pada sebelah kanan blog saya ). Kemudian untuk menambahkan Link - Link ke website lain ( dengan menggunakan Gadget "Daftar Link" ). dan masih banyak lagi yang lainnya. Masing - masing gadget mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda. Memang menarik gadget - gadget ini...tapi perlu diperhatikan bahwa emakin banyak gadget yang ditambahkan, akan membuat loading blog anda menjadi lamban.

Untuk meletakkan Gadget, kalian tinggal melakukan aktifitas drag and drop saja ( tahan klik kiri sambil menggeser mouse ).

Setelah selesai melakukan pengeditan, jangan lupa untuk menekan tombol "Simpan" untuk menyimpan pengaturan kamu.

  • Font dan Warna

Digunakan untuk mengatur bentuk dan warna tulisan yang ada pada blog anda. Saat anda melakukan perubahan warna dan bentuk, akan muncul pada tampilan di bawah anda. Jadi anda bisa melihat secara Live seperti apa font yang timbul.

  • Edit HTML

Bisanya digunakan oleh orang - orang yang sudah mengerti bahasa HTML. Pada bagian ini, kita juga bisa menggunakan Template yang orang lain bikin dengan cara mengunggahnya ( upload ) template orang yang sudah kita unduh ( download ) sebelumnya ke komputer kita. Kita juga bisa melakukan pengeditan kode - kode HTML pada window yang disediakan jika memang sudah mengerti bahasa HTML. Jika tidak, silahkan gunakan saja template yang sudah ada dengan mengkostumisasi bagian Gadgetnya saja. ;)

  • Pilih Template Baru
Pada bagian ini, sudah disediakan template yang sering digunakan. Anda bisa langsung memilih kemudian mengaplikasikannya pada blog anda. Mudah kan ? hehe...

Mungkin gitu aja sedikit tutor dari saya. Kalau ada yang ingin bertanya, bisa via email atau menggunakan Yahoo Pingbox saya yang ada di sebelah kanan blog ini, itu juga kalau saya sedang online...hehe...saya biasanya online sekitar jam 7 malam karena alasan perkuliahan. maklum, masih kuliah...haha...*ga penting....

C u next time... ;)

0 komentar:

Posting Komentar

"Komentar anda menjadikan blog saya lebih baik"