Last Update : 29 November 2009. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai 5 Link Wajib, silahkan baca pada tulisan INI. Dan jangan lupa Follow Blog ini. Terima Kasih

Jumat, 02 Oktober 2009

Langkah Awal Menulis di Blogger

Melengkapi tulisan saya sebelumnya tentang Panduan Nge-Blog di Blogger, sekarang yang akan saya bahas adalah tentang langkah - langkah menulis di Blogger ini. Pada halaman Dashbor blog kamu, silahkan kamu pilih "Entry Baru". Sehingga nanti akan muncul sebuah halaman baru seperti di bawah ini :
Nah, pada bagian POSTING ini, ada 3 sub-menu yang nampak seperti pada gambar di atas, yaitu Entri Baru, Edit Entri dan Moderasi Komentar.
  • Menu Entri Baru digunakan untuk membuat sebuah tulisan baru.
  • Menu Edit Entri, digunakan untuk melakukan penyuntingan ( editting) dari tulisan tulisan yang sudah ada sebelumnya.
  • Menu Moderasi Komentar digunakan untuk melakukan penyuntingan terhadapt komentar - komentar yang masuk ke blog kita. Fasilitas Moderasi Komentar ini bisa di aktifkan atau tidak tergantung dari setting yang kita lakukan pada bagian Pengaturan. Nanti akan saya bahas lebih lanjut pada tulisan selanjutnya.

Pada bagian Entri Baru, kita menuliskan artikel yang nantinya akan kita publikasikan ke blog kita. Pada bagian ini terdapat beberapa elemen, yaitu Judul, Isi, dan Label ( Tag ) .
  • Pada bagian Judul, tulislah judul yang sesuai dengan isi dari tulisan anda. Gunakan judul yang singkat namun mencakup keseluruhan isi.
  • Bagian Isi merupakan bagian yang paling penting dari tulisan kamu. Hindari tindakan COPY PASTE dalam menulis, karena lebih baik jika tulisan itu hasil karya anda sendiri ( walaupun mengambil informasi dari beberapa sumber, tapi bahasa yang digunakan adalah bahasa anda sendiri ). Pada bagian Isi ini juga terdapat beberapa tools yang digunakan untuk melakukan penyuntingan isi. Sebagian besar tools ini mungkin kalian sudah sering melihatnya pada program-program yang digunakan untuk menulis.
  • Bagian Label, merupakan bagian seperti kategori untuk memasukkan tulisan kamu.

Untuk bagian Edit Entry, digunakan untuk melakukan penyuntingan terhadap tulisan yang ada pada blog kamu, baik itu yang sudah dipublikasikan ataupun masih dalam bentuk Draft. Kira - kira gambarnya seperti ini :


Kamu tinggal memilih Edit yang ada pada sebelah kiri judul tulisan kamu untuk melakukan penyuntingan.


Bagian Moderasi Komentar adalah bagian tempat komentar - komentar yang masuk ke blog kamu, meminta persetujuan untuk kemudian ditampilkan pada tulisan kamu. Jadi, komentar yang diberikan oleh orang, tidak langsung muncul, melainkan menunggu persetujuan kamu dulu. Jika sudah disetujui, baru kemudian ditampilkan dalam tulisan yang bersangkutan. Contohnya adalah seperti ini :
Nah, kamu bisa memilih, komentar mana saja yang akan dipublikasikan dan mana yang akan ditolak.

Kira - kira seperti itulah bagian - bagian yang ada pada menu Posting. Untuk pertanyaan, silahkan berikan komentar pada bagian ini. ;)

3 komentar:

anthoni_p_w mengatakan...

wah nice share and info banget nih.!!!
aplg gw baru belajar buat ngeblog,,,
hebat deh,,,
sukses ya buat blognya.!!!
THANKS BANGET,,,=)

Acid mengatakan...

wew...komentarnya di postingan yang paling bawah....hahaha...

Follow dunk, ton...kalo loe pasang gadget pengikut di blog lo, nanti gw follow juga deh... ;)

Joe mengatakan...

nice post kang
follow

Posting Komentar

"Komentar anda menjadikan blog saya lebih baik"