Last Update : 29 November 2009. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai 5 Link Wajib, silahkan baca pada tulisan INI. Dan jangan lupa Follow Blog ini. Terima Kasih

Jumat, 02 Oktober 2009

Panduan Ngeblog di Blogger

Hmm... mungkin udah telat kali yah kalo saya baru tulis sekarang tentang Panduan Ngeblog di sini. Tapi seperti kata pepatah, gak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu. Jadi, ya saya tulis aja, siapa tau ada yang butuh. Hhe... ;)

Mulai dari awal Deh, Pertama, kamu login dulu ke blog kamu yang ada di Blogger. Hingga mucul tampilan seperti dibawah ini :

Keterangan Gambar :
  1. Entri Baru : Untuk membuat sebuah artikel baru.
  2. Edit Entry : Untuk mengedit artikel yang sudah ada sebelumnya.
  3. Pengaturan : Untuk melakukan Pengaturan terhadap blog kamu.
  4. Tata Letak : Untuk mengatur Template, Gadget / Widget yang akan kamu gunakan serta melakukan perubahan - perubahan lainnya terhadap blog kamu.

Oh iya, bahasa yang saya gunakan dalam blog ini adalah bahasa indonesia. Sehingga, mungkin ada beberapa kata yang sering kita dengar dalam bahasa inggris berubah menjadi kata - kata baru dalam bahasa indonesia ( Contohnya : Upload menjadi Unggah ). Penggunaan bahasa indonesia ini juga dengan tujuan untuk mempermudah pemahaman dalam aktifitas Blogging itu sendiri. ;)

Pada bagian sebelah kiri dari gambar di atas, ada 3 menu lagi, yaitu :
  1. Lihat Profil : Digunakan untuk melihat profile lengkap yang tampil pada halaman blog kamu.
  2. Edit Profil : Digunakan untuk melakukan penyuntingan ( editting ) terhadap isi dari profile kamu.
  3. Edit Foto : Digunakan untuk melakukan penyuntingan foto yang akan tampil pada profile kamu.

Masih pada Dashbor blog kamu, ada bagian "Daftar Bacaan". Bagi yang sudah sering blogging, sebenarnya mirip dengan fasilitas RSS Feed namun hanya muncul pada dasbor kamu. Secara garis besar, fasilitas ini menampilkan tulisan - tulisan terbaru dari blog teman - teman anda yang anda Follow. Fasilitas Follow ini hanya terdapat pada Blogger.

Untuk lebih jelas mengenai bagian - bagian dari Blogger ini, akan saya bahas satu persatu pada tulisan selanjutnya. Silahkan berikan komentar bila ada pertanyaan. ;)

8 komentar:

hanum mengatakan...

wow nice guide posting. I have't make it here yet. Thank's bro, thank's :p

Reza Kurniawan mengatakan...

kk kalo mau masukkin gambar print screen ke posting gimana?

Acid mengatakan...

kalau mau masukin gambar ke postingan itu ada di bagian image. Coba di liat tulisan saya yang kedua. Disitu ada screenshot gambar saat akan menulis tulisan. Nah, ada tool image diantaranya... ;)

Unknown mengatakan...

mau tanya.. knpa blog pnya gw ga bisa di posin komentar ya???
anehh
padahal setingannya udah benr.. apa dari htmlnya?

Acid mengatakan...

Iya, mungkin dari HTML-nya...gak suport komentar kayaknya...heu....udah coba ganti template yang lain ?

Anonim mengatakan...

iya gw ank gundar...
udah gw daftarin c tp gw kg ngerti nambahin jmlah web page n nambahihin kelengkapannya...

klo bisa pandu gw ngeblog di wordpress ya....


tq...

Acid mengatakan...

@ardycupu, kalo panduan blogging di wordpress, kamu bisa klik link ini untuk membaca panduannya... ;)

Nambahin kelengkapan, kalau di blogspot bisa melalui menu Pengaturan Tata Letak -> Tambah Gadget.

Hasbi mengatakan...

oee mantap surantap

Posting Komentar

"Komentar anda menjadikan blog saya lebih baik"