Last Update : 29 November 2009. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai 5 Link Wajib, silahkan baca pada tulisan INI. Dan jangan lupa Follow Blog ini. Terima Kasih

Selasa, 17 November 2009

Mendaftarkan Blogspot Kita di Google

Banyak yang bertanya tentang bagaimana cara mendaftarkan blog kita agar terindeks oleh Search Engine yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, yaitu Google. Sebenarnya Google sudah secara otomatis mengindeks blog - blog yang terdapat pada Blogspot.Com karena blogspot termasuk kedalam Google Company. Namun, untuk mempercepat terindeksnya blog kita, kita dapat mendaftarkannya secara manual ke Google.

Berikut adalah langkah - langkah mengindekskan blog kita ke Google :

  1. Masuk ke http://www.google.com/webmasters/tools. Signin dengan menggunakan Google Account ( GMail / Blogspot ) kamu.
  2. Ketika sudah masuk di Google Webmasters Central, klik menu Add Site untuk menambahkan situs blog kamu. Untuk mengetikkan URL, tidak perlu memberi awalan http://.
  3. Setelah kamu klik ok, maka kamu akan dibawa ke halaman Verify Ownership. Nah, disinilah kamu akan melakukan proses verifikasi apakah blog yang kamu daftarkan memang benar punya kamu. Pada bagian ini, terdapat 2 pilihan metode verifikasi yaitu dengan cara mengupload sebuah file yang sudah disediakan oleh google kedalam root blog kita ( cara ini ditujukan untuk para blogger yang memiliki hostingan sendiri ) dan dengan cara menambahkan META TAG pada TEMPLATE blog kita. Saya menyarankan, bila blog kita berada di blogspot, gunakan META TAG saja. Lebih simple.
  4. Setelah memilih metode verifikasi ( saya asumsikan memilih META TAG ), salin semua kode META TAG yang telah disediakan dari mulai [meta] .
  5. Setelah disalin , masuk ke dasbor dari blogspot kamu kemudian pilih Tata Letak --> Edit HTML. Pada window yang terbuka ( biasanya berisi nilai / kode HTML ), cari tulisan [Head]. Letakkan kode META TAG yang telah kita salin tadi persis dibawah [Head].
  6. Bila sudah selesai, klik simpan template.
  7. Kembali lagi ke halaman Verify Ownership yang sebelumnya sudah terbuka, kemudian klik tombol Verify untuk memastikan bahwa blog anda memang ada.
*Tanda [ ] ganti dengan < >

Nah, sekian dulu tulisan saya tentang bagaimana cara mendaftarkan blog kita di Search Engine. Screenshot gambar dari step - step yang ada, akan saya tambahkan nanti...sekarang udah malem and mengantuk ....hehe....

Oh iya, langkah di atas juga bisa kamu praktekkan / cobakan pada beberapa SE ( Search Engine ) lainnya. Misalnya Bing, Exalead, atau Yahoo. Semakin banyaknya trafict ke blog kita, semakin bagus blog tersebut... :D


NB : buat yang mengaplikasikan cara di atas, Gud Luck guys !

5 komentar:

artikelgila mengatakan...

ni gunanya bwat ap kk ?? biar pas orang nyari di google...situs kita bs msuk jg y ??

Acid mengatakan...

@artikelgila, yup...ini berfungsi agar SETIAP HALAMAN yang ada di blog kita, ter-index oleh google. Jika kita tidak mendaftarkan di SE (Search Engine ), Blog kita tetap terindex namun hanya halaman - halaman yang ber=traffic tinggi saja... :D

Joe mengatakan...

setelah klik verifikasi pasti bs om??kok saya no data available om?
mohon bantuannya..
mksh

Acid mengatakan...

kalo no data available itu berarti emang belum ada data yang di index dari blog kamu sama google. Butuh beberapa waktu sampai blog kamu bisa terindex secara keseluruhan..yang penting, status situs kamu, sudah "Verified"

Yusron Yoga mengatakan...

Siip Gam, makasih infonya..

Posting Komentar

"Komentar anda menjadikan blog saya lebih baik"